Blog Personal Serba Serbi

Jenazah AirAsia QZ8501 Dibungkus Tiga Lapis

Jenazah AirAsia QZ8501 Dibungkus Tiga Lapis
BLOG SederhanakuPangkalan Bun - Setiap jenazah korban kecelakaan AirAsia QZ8501 mendapat perlakuan khusus. Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigadir Jenderal dokter Arthur Tampi, mengatakan setiap jenazah yang tiba di posko RSUD Sultan Imanuddin, segera dibungkus untuk memperlambat proses pembusukan. 

"Pada fase ini, kondisi jenazah korban akan semakin rusak, proses pembusukan semakin cepat, karena berada di dalam air," kata Arthur di posko SAR Landasan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kamis, 1 Januari 2015. 

Yang dilakukan tim untuk mengemas jenazah agar tak semakin rusak ialah dengan memberikan es dan kapur barus. Lalu jenazah dibungkus lapisan alumunium foil, dan dimasukkan ke kantung jenazah sebelum disimpan di peti. 

Penggunaan es merupakan bagian dari proses pendinginan untuk menambah daya tahan jenazah saat dikirim ke Surabaya. Jenazah dilarang diberi formalin atau pengawet lain, karena akan merusak sel tubuhnya sehingga menyulitkan proses identifikasi DNA. 

Adapun untuk melindungi ciri fisik primer yang dapat menunjukkan identitas jenazah, petugas melakukan pembungkusan terhadap ibu jari dan gigi korban. "Ini supaya sidik jarinya masih bisa dilihat," kata Arthur. 

Begitu juga di posko DVI pusat di Surabaya nanti, tim akan mencetak bentuk profil gigi jenazah. "Dari situ bisa dicocokkan dengan data antemortem yang diberikan keluarga." 

Kondisi jenazah yang semakin rusak, kata Arthur, akan menyulitkan proses identifikasi visual. "Kalau masih bagus kan tinggal dilihat ciri-ciri fisiknya, dicocokkan dengan data dari keluarga." Namun karena kondisi jenazah sudah membusuk, maka perlu dilakukan identifikasi menggunakan tes DNA. 

"Kalau pakai tes DNA, kondisi jenazah seperti apapun bisa diidentifikasi identitasnya," Arthur menjelaskan. "Bahkan walau hanya kerangka pun bisa terungkap." Data DNA jenazah, ujarnya, akan dicocokkan dengan data DNA keluarga korban dan data ante-mortem yang kini tengah dikumpulkan di posko identifikasi korban di Surabaya.

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2015/01/02/058632364/Jenazah-AirAsia-QZ8501-Dibungkus-Tiga-Lapis
Tag : Berita
0 Komentar untuk "Jenazah AirAsia QZ8501 Dibungkus Tiga Lapis"

Back To Top